Berita

MEDSOS

PPDB ONLINE

Kontak

Alamat :

Jln KH Ridwan KM 03 Pucung Sari, Kajoran

Telepon :

02933196821 - 082133332602

Fax :

02933196821

Email :

smpitinsankamilmagelang@gmail.com

Website :

https://www.smpitinsankamilmagelang.sch.id

Media Sosial :

PENGUMUMAN UN

IMPLEMENTASI GAMES KUIS " WHO WANTS TO BE A MILLIONER" DAN “THE GREAT DEBATE” PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK GLOBALISASI KELAS 9 SMP IT INSAN KAMIL MAGELANG TAHUN 2022


Pendidikan merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan pembangunan bangsa. Kemajuan suatu bangsa bergantung pada kualitas pendidikan yang telah diimplementasikan pada negara tersebut.  Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa : Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiiki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan akan berjalan dengan baik apabila seluruh komponen bekerja secara profesional. Guru merupakan pemegang peran utama dalam pembangunan pendidikan, khususnya yang diselenggarakan secara formal di sekolah (Benardi, A. I., 2013;33). Kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 telah menempatkan guru sebagai fasilitator, sedangkan siswa sebagai objek yang aktif dalam belajar. Pembelajaran yang kurang sesuai dengan penerapan kurikulum 2013 menyebabkan siswa kurang aktif dalam belajar.

Berdasarkan kegiatan observasi yang telah dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2022 pada mata pelajaran IPS di SMP IT Insan Kamil Magelang. Diketahui, rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terutama pada materi pokok globalisasi mengalami penurunan. Terutama jika menjumpai soal-soal High Order Thingking Skills dan berupa wawasan fenomena. Hal ini dikhawatirkan akan kembali mengalami penurunan apabila proses pembelajaran tidak dilakukan pembaharuan.

Hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan terdapatnya permasalahan dalam hal pemilihan media pembelajaran. Penggunaan  media pembelajaran oleh guru tidak berdampak positif terhadap peserta didik. Hanya  peserta didik dengan prestasi tinggi yang aktif dalam proses pembelajaran, sedangkan peserta didik dengan prestasi rendah lebih banyak diam dan tidak bertanya ataupun menjawab pertanyaan. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru dalam menyampaikan materi yang mengharuskan peserta didik untuk banyak mengingat dan berfikir kritis, seperti pada materi pelajaran IPS pada kelas IX semester 1 pada materi pokok globalisasi. Adapun pembahasan pada materi globalisasi ini mengenai pengertian globalisasi, bentuk-bentuk globalisasi, dampak globalisasi dan upaya menghadapi globalisasi.

            Pelaksanaan dilaksanakan mulai tanggal 5 November 2022 pada kelas IX A, IX B dan IX C. Sebelumnya, saya sebagai guru IPS sudah memberikan penejelasan secara teoritis tentang materi pokok globalisasi. Kemudian saya menghimpun beberapa fenomena dan kasus yang berkaitan dengan pengaruh globalisasi dan saya kembangkan menjadi kuis menarik. Media pembelajaran yang saya gunakan adalah dengan Power point berupa 10 soal Pilihan ganda rebut beregu dan 4 kasus fenomena globalisasi untuk debat. Teknis yang saya gunakan adalah dengan membagi kelas menjadi 2 kelompok besar yang seimbang. Sehingga siswa yang pandai dapat menjadi leader untuk berdiskusi kelompok. Siswa yang memiliki rata-rata nilai rendah dapat menyesuaikan diri dengan atmosfer yang diciptakan dalam diskusi kelompok. Kemudian untuk mengasah konsentrasi, saya membuat password untuk syarat menjawab pertanyaan.

Perhitungan hasil belajar kognitif (pengetahuan) kelas eksperimen memiliki hasil deskriptif persentase yang meningkat. Berikut tabulasi perbandingan rata-rata hasil nilai kuis awal dan hasil kuis dengan media games “who wants to be a millioner” dan “the great debate” pada kelas eksperimen :

 

Tabulasi Rata-rata Hasil Nilai Kuis Awal dan Kuis Akhir

Kelas

Kuis Awal

Kuis Akhir

IX A

67

88

IX B

66

87

IX C

62

85

Sumber : Data Hasil Kuis Globalisasi

 

Berdasarkan tabulasi rata-rata nilai kuis awal dan rata-rata nilai kuis akhir yang menggunakan media games kuis tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan awal kelas eksperimen mendekati sama. Hal ini terbukti pada nilai pretest pada kedua kelas yang sama-sama belum mencapai KKM. Kemudian terjadi perbedaan kenailan nilai pada saat media games kuis diberlakukan. Adapun nilai kuis akhir ini dijadikan acuan dalam nilai akhir pada materi globalisasi.

Berdasarkan data analisis yang telah didapatkan maka,penggunaan media games kuis “who wants to be a millioner” dan “the great debate” dinilai lebih menguntungkan. Tak hanya dilihat dari hasil belajar, namun dari peningkatan suasana kelas yang lebih hidup dan aktif menjadikan proses pembelajaran berjaan dengan baik dan tujuan pembelajaran tercapai.  Pembaharuan yang dilakukan dengan peneraan media games kuis “who wants to be a millioner” dan “the great debate” berpengaruh positif pada sisi kualitas dan kuantitas.

 

 Oleh : Intan Wahyu Pinanti, S.Pd ( November 2022 )